Wednesday, 21 October 2015

Quiz 1 | Pengantar Teknologi Informasi




I.            Jelaskan apa yang anda ketahui tentang teknologi Input/Output

1.      QWERTY dan DVORAK
a.     Keyboard QWERTY
Dinamakan Keyboard QWERTY karena susunan tata letak pada kiri atas di keyboard tersebut berderet huruf-huruf dengan urutan QWERTY dan seterusnya. Pada sebelumnya susunan huruf pada keyboard disusun berdasarkan abjad. Namun semua itu dianggap sangat lamban dalam mengetik, hingga akhirnya diciptakan tekknologi keyboard QWERTY.

b.     Keyboard DVORAK
Teknologi keyboard DVORAK ini dianggap paling baik daripada teknologi QWERTY. Namun semua itu tidak berpengaruh pada semua orang, Karena teknologi QWERTY lebih dulu diminati banyak orang dengan jangka waktu yg cukup lama sebelum teknologi DVORAK diciptakan. Makanya sampe saat ini semua orang masih banyak menggunakan keyboard dengan teknologi QWERTY.

2.      OCR, DMR dan OpScan
a.     Optical Character Recognition (OCR)
OCR yaitu suatu teknologi yang dapat membaca teks dari hasil scan. Walaupun format dari hasil scan itu berbentuk jpg, tetapi bisa diedit melalui software OCR ini.
b.     Digital Mark Recognition (DMR)
Teknologi pada sebuah scanner yang mampu membaca suatu data dari hasil mark (penandaan).
c.      OpScan      
Yaitu merupakan suatu scanner yang mampu memproses data secara cepat dan juga efisien waktu. Scanner ini mempunyai teknologi DMR ataupun OMR sebagai scanner pembacaan/pengenalan data melalui hasil mark.

3.     OMR (Optical Mark Reader)
Sama dengan DMR, OMR ini teknologi pada scanner yg mampu membaca data hasil mark.
Perbedaannya pada kertas yang digunakan pada OMR ini, kertasnya agak tebal dan dipinggir kiri atau atas ada garis-garis hitam. dan juga perbedaan harga lebih mahal dibandingkn DMR.

4.     MICR (Magnetic Ink Character Recognition)
Yaitu teknologi pengenalan data yang dicetak dengan menggunakan tinta magnetic atau toner.
MICR ini banyak digunakan dalam industri perbankan untuk membantu dalam pemrosesan cek dan juga nomor rekening di bawah cek.


5.     RFID (Radio Frequency Identification)
RFID yaitu suatu teknologi untuk mengidentifikasi  dengan menggunakan gelombang radio/ label RFID untuk menyimpan data dan mengambil data dari jarak jauh (tanpa kontak langsung). Label RFID terdiri dari microchip silicon dan antena.

6.     ASR (Auto Speech Recognition)
ASR adalah teknologi pengenalan suara atau teknologi yang menjadikan suara sebagai alat input. Gelombang suara tersebut nantinya berfungsi untuk mengaktifkan suatu perintah atau meminta suatu data cukup menggunakan suara sebagai data yang diinput.

7.     CCD (Charge Couple Device)
CCD adalah suatu alat untuk merekam gambar dengan menggunakan sinar cahaya pada permukaannya yang dirubah menjadi sinyal untuk menggabungkan beberapa warna, dan gambar yang dihasilkan mempunyai resolusi yang cukup tinggi.

8.     CGA, EGA, VGA, XGA, SXGA, UXGA
Merupakan teknologi untuk merubah sinyak ke tampilan gambar. Yang menjadi perbedaan namanya itu karna masing2 mempunya resolusi yang berbeda :
CGA (Colour Graphics Adapter)                                 : 640pixel x 200pixel 
EGA (Enhanced Graphics Adapter)                            : 640pixel x 350pixel 
VGA (Video Graphics Array)                                       :640pixel x 480pixel 
XGA (Extended Graphics Array)                                :1024pixel x 768pixel
SXGA (Super Extended Graphics Array)                   : 1280pixel x 1024pixel 
UXGA (Ultra Extended Graphics Array)                   : 1600pixel x 1200pixel
Semakin besar resolusi, semakin baik pula gambar yang dihasilkan pada monitor.

9.      Omnidirecional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling
a.     Omnidirectional
Ini merupakan teknologi untuk menangkap suara dan merekam suara dari segala arah.
b.     Unidirectional
Teknologi ini kebalikan dari Omnidirectional, pada teknologi ini penangkapan suara hanya dari satu arah dan tidak terlalu sensitif dari suara2 disekitarnya.
c.      Noise Canceling
Yaitu teknologi untuk meredam suara. artinya suara yang dihasilkan akan diminimalisir sehingga mengurangi kebisingan.
d.     Echo Canceling
Yaitu teknologi untuk meminimalisir atau mengurangi gema dari hasil audio.




10.  THX, DDS, Dts
a.     THX 
      Yaitu nama produk speaker untuk komputer. Produk ini mengutamakan kualitas audio / kualitas suara yang dihasilkan.

b.     DDS (Dolby Digital Sound)
Teknologi suara yang dipakai untuk pembuaran film dalam bentik kepingan DVD, CD atau juga bioskop.
c.      Dts 
Merupakan suatu produk dari perusahan audio dan audio tersebut diformat kedalam bentuk Blue-Ray

11.  Passive Matrix dan Active Matrix
a.     Passive Matrix
Adalah teknologi penampilan warna dengan menggunakan sebuah lapisan Liquid Crystal Diode (LCD) di atas kisi-kisi kawat untuk memberikan daya pixel ketika dialuri arus listrik.
b.     Active Matrix
Sama halnya seperti passive matrix, pada active matrix ini juga layar panel datar diletakan diatas kisi-kisi kawat. Tetapi perbedaannya pada active matrix ini, arus listrik dialirkan ke berbagai sisi pada kisi-kisi kawat. Sehingga tampilan yang dihasilkan lebih cerah dan dapat dilihat dari segala arah. Berbeda dengan passive matrix yang hanya cuma dari satu arah.

12.  Dotmatrix, bubblejet, deskjet, impact, ink-jet, laser
a.     Dotmarix
Yaitu teknologi dari printer yang kualitas untuk mencetak gambarnya sangat rendah, itu disebabkan karna resolusi pada teknologi printer ini masih rendah dan juga printer ini hanya bisa menggunakan satu warna yaitu warna hitam. Tetapi disamping itu printer jenis ini masih banyak digunakan karena harganya yang murah dan printer ini jg sangat awet.
b.     Bubble-Jet
Teknologi printer ini merupakan teknologi lanjutan dari printer dotmatix, karena pada teknologi printer ini sudah bisa menggunakan tinta warna dan juga saat memprint data sudah tidak ada bunyi  lagi.
c.      DeskJet
Teknologi printer ini lumayan bisa diandalkan, tinta tersebut disimpan didalam catridge.
d.     Impact
Pada teknologi printer ini memungkinkan dapat mencetak rangkap dua, karena pada teknologi ini menggunakan sistem head yang berbentuk jarum.
e.      Ink-Jet
Teknologi printer ini merupakan perluasan atau perkembangan dari teknologi printer sebelumnya, perkembangan yaitu seperti dalam kecepatan dan juga warna dengan resulusi yang tinggi. Sehingga banyak para konsumen banyak menggunakan printer ini dengan alasan kualitas pada gambarnya lebih baik.
f.      Laser  
Teknologi pada printer ini lebih baik dari printer dotmatrix dan bubblejet. teknologi printer laser ini sudah tidak menggunakan tinta cair lagi, melainkan menggunakan bubuk tinta sehingga saat memprint data akan cepat kering dan tidak mudah luntur.



13.  LCD, EL, Plasma, CRT 
a.     LCD (Liquid Crystal Display)
Monitor ini berfungsi memberikan informasi kepada user (pengguna) komputer berupa visual (penglihatan). Monitor ini berbentuk tipis dan datar, kemudian layar monitor ini terbuat liquid (cairan).
b.    EL (Electroluminescent)
Ini merupakan teknologi pada monitor yang mengandung bahan bercahaya ketika dialiri arus listrik. 
c.      Plasma
Layaknya seperti monitor LCD, monitor ini berbentuk tipis dan datar. Namun teknologi monitor ini menggunakan tegangan listrik ke lapisan gas layar monitor untuk menampilkan gambarnya. Tampilan gambar plasma display ini lebih jelas dibandingkan dengan LCD monitor. 
d.     CRT
Merupakan  monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi elektron untuk menembak layar dan sehingga tercipta gambar yang bagus.
      II.            Jelaskan apa yang anda pahami tentang teknologi prossesor
1.      SSE, SSE2, SSE3
a.     SSE (Streaming SIMD Exstension) 
SSE ini merupakan pengembangan teknologi prosesor dari intel, dan ini merupakan penyempurnaan dari teknologi MMX. pada teknologi SSE ini memiliki set instuksi SIMD lebih tinggi, karena didukung dengan dukungan floting point 32bit.
b.     SSE2 (Streaming SIMD Exstension2)
SSE2 ini pengembangan dari SSE, dan teknologi SSE2 ini hanya terdapat dalam mikroprosesor milik perusahaan intel. Teknologi ini terdapat pada mikroprosesor intel pentium IV dan juga SSE2 ini memiliki 114 instruksi tambahan baru.
c.      SSE3 (Streaming SIMD  Exstension3)
Setelah SSE2, kemudian perusahan intel mengembangkan lagi ke SSE3. Pada SSE tiga ini mengembangkan dengan menambahkan 13 instruksi tambahan. artinya SSE3 ini memiliki 13 instruksi lebih banyak dibandingkan dari teknologi sebelumnya yaitu SSE2.


2.      3DNow
Adalah teknologi dari AMD yang berfungsi untuk memperbaiki pada operasi multimedia.
3DNow dirancang untuk meningkatkan kemampuan CPU dalam pengolahan vektor yang yang dibutuhkan untuk grafik 3D.

3.      NXbit
Yaitu teknologi pada posesor untuk membagi area memory sebagai tempat penyimpanan lain yang berfungsi untuk mencegah adanya aktifitas virus atau maleware.


4.      Power Now
Yaitu teknologi pada prosesor AMD yang berfungsi untuk menurunkan kinerja pada prosesor di saat  posesor dalam keadaan loading minimal. sehingga energi yang dihasilkan akan lebih hemat dan juga mengurangi panas pada CPU.

5.      Cool 'n' Quiet
Ini juga merupakan teknologi pada AMD yang memiliki sistem penghematan atau penggunaan power yang efektif dan sesuai dengan kinerja dan sesuai dengan kebutuhan.

6.      Hyper Threading
Artinya pada teknologi ini, processor mampu menggunakan lebih dari satu proses.

7.      Dual Core
Merupakan teknologi yang dapat diartikan gabuangan dari dua prosesor. jadi, dua inti prosesor digabung menjadi satu.


    III.            Jelaskan type BUS pada Personal Computer  di bawah ini
1.      ISA (Industry Standard Architecture)
Jenis bus ini merupakan jenis bus generasi lama. Bus ini memiliki kecepatan yang rendah.
Lebar bus ini 8 atau 16 bit. Untuk bus yang 8 bit digunakan pada IB PC XT dan untuk bus 16 bit digunakan pada IBM PC/AT. Kecepatan transfer pada jenis bus ini yaitu 8 Megabit/detik (Mbps).



2.      EISA (Extended Industry Standard Architecture)
Jenis bus ini dikeluarkan pada tahun 1988 dan dikembangkan oleh Compaq.
bus ini menyediakan slot 32 bit

3.      VL-bus (VESA Local bus)
Jenis bus ini dibuat oleh VESA (the Video Electroics Standards Association). bus ini dapat memindahkan 32 bit perwaktu dan mempunyai kecepatan transfer antara 128 - 132 Mbps.

4.      PCI (Peripheral Component Inconnect)
Bus ini memiliki kecapatan 4 kali lebih cepat daripada jenis ISA karena memiliki lebar 32 bit atau 64 bit.

5.      AGP (Accelerated Graphics Port)
Bus ini memiliki kecepatan 2 kali lipat daripada bus PCI, dan bus ini didesain untuk mendukung grafik 3D.

6.      Fire Wire
Bus ini memiliki kecepatan yang lumayan cepat dan mudah digunakan. Kecepatan transfernya mencapai 400 megabit/detik dan sampai sekarang sedang dikembangkan agar bisa menambah lagi kecepatannya. Bus ini dibuat untuk pemindahan data pada perangkat multimedia audio dan video.

7.      USB (Universal Serial Bus)
Tipe bus ini sangat baru dan pertama dipublikasikan pada tahun 1996. jenis bus ini biasanya digunakan untuk perangkat yang memiliki kecepatan yang rendah  (keyboard,mouse dan juga printer).

8.      PCI-Express
Bus ini memiliki kemampuan lebih cepat daripada PCI, dan juga sebagai pengganti AGP.
Kecepatan pada bus ini bisa sampa 8Gigabit/detik dengan tipe PCI Express x16. Untuk slot ini biasa digunakan sebagai slot VGA.

    IV.            Jelaskan teknologi Komputer
1.      Komputasi awan
Komputer Awan adalah perpaduan antara komputer dengan internet. Segala sesuatu dilakukan dengan menggunakan jaringan internet.

2.      Komputer Hijau
Komputer Hijau adalah komputer yang menggunakan perangkat-perangkat yang hemat energi, jadi komputer ini dirancang sebagai komputer yang hemat energi/listrik.

3.      Komputasi Kuantum
Adalah komputasi yang dilandaskan pada teori mekanika kuantum.artinya informasi tidak dinyatakan dengan menggunakan 0 dan 1, tapi dinyatakan dengan partikel dasar. Contohnya atom2 hidrogen bisa dibuat untuk membentuk saklar ON atau OFF.

4.      Komputasi Optik
Komputasi Optik ini sebagai harapan untuk komputer di masa yang akan datang yang dimana komputer tidak lagi menggunakan elektronika tapi menggunakan optik atau ptoelektonik. Jadi komputer bisa beroperasi menggunakan cahaya dan diharapkan komputer ini bisa lebih cepat dibanding komputer yang berbasis elektris.

5.      Komputasi DNA (Biochip)
Pada komputer ini, bioteknologi dimanfaatkan untuk perkembangan komputernya. Dengan menggunakan bioteknologi, DNA sintesis dapat digunakan untuk mempresentasikan simbol-simbol untuk menggantikan sistem biner.


6.      Komputasi Pararel
Komputasi pararel yaitu proses komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan komputer independen dengan cara bersamaan. Teknologi komputasi pararel ini memerlukan infrastuktur mesin pararel pada beberapa komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan bisa bekerja secara pararel dalam menyelesaikan masalah.

7.      Komputasi Vektor
Komputasi vektor yaitu sebuah komputasi yang dirancang agar dapat lebih efisien dalam menangani masalah-masalah pehitungan aritmatika. Komputer seperti ini sangat berguna dibidang science karena dapat membantu dalam perhitungan.

      V.            Jelaskan teknologi port I/O dibawah ini
1.      COM
Yaitu port untuk mentransferkan data secara serial.

2.      Pararel
Port ini disebut jg port LPT yang bekerja dengan 8 bit perwaktu dan cocok untuk pengiriman yang lebih cepat, tapi pada port ini memiliki kabel yang sangat pendek. port ini umumnya digunakan untuk hard disk eksternal.

3.      USB
Port ini biasanya digunakan untuk menghubungkan flashdisk, keyboard,mouse dll.

4.      SCSI
Port ini berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat komputer dalam bentuk saling sambung menyambung. Port ini digunakan untuk menghubungkan hard drive, printer, scanner dan tape drive.

5.      Infrared
Infrared yaitu teknologi port tanpa kabel. port ini berfungsi mentransfer data dari luar perangkat komputer dengan menggunakan teknologi infrared.

6.      Serial
Adalah sebuah port serial yang dapat digunakan untuk pengiriman informasi satu bit perwaktu dan pengiriman data sangatlah lambat. port ini biasanya digunakan untuk mengoneksikan perangkat2 seperti printer serial, mouse dll.

7.      HDMI (High Definition Multimedia Interface)
Adalah port yang menghubungkan teknologi high definition ke perangkat komputer.
HDMI ini berfungsi agar mempertajam/memperjelas tampilan grafik pada layar monitor.

8.      1394 / IEEE 1394
Adalah port yang mempunyai kecepatan tinggi, biasanya digunakan untuk komputer pribadi. dan juga port ini juga dapat menghubungkan perangkat lain seperti kamera digital.

    VI.            Apa yang anda pahami tentang teknologi slot expansion
1.      VGA Card
VGA singkatan dari Video Graphics Accelerator, VGA mempunyai fungsi untuk mengolah data grafik yang nantinya akan ditampilkan dilayar monitor komputer. VGA card juga di dalamnya memiliki prosesor yang dinamakan GPU (Graphics Processor Unit), prosesor ini berfungsi membantu menganalisa dan mengerjakan data.

2.      Sound Card
Sound Card merupakan hardware yang berfungsi untuk memproses data berupa audio.

3.      Lan Card
Lan card yaitu soket yang berfungsi untuk memasang kabel Lan. Dan juga fungsinya untuk menghubungkan satu PC ke PC lainnya dalan satu jaringan Lan.

4.      Multimedia Card
Multimedia Card yaitu sebah memori penyimpanan data pada perangkat lain diluar komputer dan yang nantinya juga bisa dihubungkan ke perangkat komputer dengan mudah. contohnya handphone, kamera digital yang menggunakan MMC sebagai media penyimpanannya, dan lain sebagainya.

5.      TV Card
TV card yaitu soket untuk memasangkat kabel televisi. untuk saat sekarang ini ada komponen komputer yang berfungsi untuk menerima sinyal TV ke komputer. Komponen tersebut yaitu TV tuner. TV tuner ini juga dapat merekam saluran televisi ke sebuah hard disk.

6.      FM Card
FM card merupakan sebuah perangkat komputer yang dapat menangkap sinyal, kemudian saluran-saluran radio tersebut bisa didengarkan melalui komputer.

7.      Game Card
Game Card merupakan kartu media yang berisi data game.

8.      Modem Card
Modem itu singkatan dari MOdulator dan DEModulator. Modulator itu sendiri artinya sebagai bagian pengubah sinyal informasi ke sinyal pembawa, dan kemudian siap untuk dikirim. kemudian Demodulator mempunyai arti sebagai bagian pemisah sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima, sehingga informasi itu dapat diterima dengan baik. jadi dengan kata lain modem yaitu sistem komunikasi dua arah.


Sumber : http://12058-if-unsika.blogspot.co.id/2012/10/quis.html

0 comments

Post a Comment

Tolong jangan segan-segan untuk berkomentar di blog saya. Trimakasih telah berkunjung. Salam Sukses Selalu.