Sunday, 11 October 2015

Komponen Input - Proses - Output






Tugas 3 | Pengantar Teknologi Informasi


1. Cari teknologi-teknologi dari tiap komponen Input minimal 5 komponen inputan dan jelaskan teknologi-teknologi tersebut
2. Cari teknologi-teknologi dari tiap komponen Output minimal 5 komponen outputan dan jelaskan teknologi-teknologi tersebut
3. Sebutkan 3 Merk Processor yang anda ketahui dan jelaskan 5 teknologi dari tiap processor tersebut.


Jawaban

1. Teknologi dari komponen Input
a) Mouse adalah alat untuk memasukkan data dan perintah ke komputer selain keyboard. Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

b) Keyboard adalah alat input yang berbentuk papan ketik untuk memasukkan data dan perintah ke komputer. keyboard terdiri dari huruf alfabet (A-Z), dan juga terdiri dari angka dan lain-lain. Salah satu teknologi papan ketik atau keyboard adalah teknologi keyboard optik. Teknologi keyboard optik menggunakan perangkat yang memancarkan cahaya dan sensor foto untuk mendeteksi secara optik ketika ditekan. Pemancar dan sensor biasanya ditemukan pada perimeter, terpasang pada PCB kecil. Lampu diarahkan dari sisi ke sisi dalam papan ketik dan hanya dapat diblokir oleh tombol aksi. Kebanyakan papan tombol optik memerlukan setidaknya dua balok (paling sering balok vertikal dan balok horisontal) untuk menentukan tombol yang diaktifkan. Beberapa papan ketik optik menggunakan struktur tombol khusus yang menghalangi cahaya dalam pola tertentu, sehingga hanya satu berkas untuk setiap baris dari tombol (umumnya balok horisontal).

 c) Joystick adalah alat input komputer yang berbentuk tuas. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Cara kerja joystick hampir sama seperti mouse namun berbeda dari cara menggerakan penunjuk layar berupa tongkat kecil. 

d) Webcam adalah alat input untuk merekam video ataupun mengambil gambar di komputer. Bisa juga digunakan untuk video call.
Fitur dan Setting Webcam
  1. Motion sensing – web camera akan mengambil gambar ketika kamera mendeteksi gerakan.
  2. Image archiving – pengguna dapat membuat sebuah archive yang menyimpan semua gambar dari web camera atau hanya gambar-gambar tertentu saat interval pre-set.
  3. Video messaging – beberapa program messaging mendukung fitur ini.
  4. Advanced connections – menyambungkan perangkat home theater ke web camera dengan kabel maupun nirkabel.
  5. Automotion – kamera robotik yang memungkinkan pengambilan gambar secara pan atau tilt dan setting program pengambilan frame berdasarkan posisi kamera.
  6. Streaming media – aplikasi profesional, setup web camera dapat menggunakan kompresi MPEG4 untuk mendapatkan streaming audio dan video yang sesungguhnya.
  7. Custom coding – mengimport kode komputer pengguna untuk memberitahu web camera apa yang harus dilakukan (misalnya automatically refresh).
  8. AutoCam – memungkinkan pengguna membuat web page untuk web cameranya secara gratis di server perusahaan pembuat web camera.

e)  Mikrofon alat input untuk masukan suara ke komputer. Mikrofon mengubah sinyal suara menjadi getaran listrik sinyal Analog untuk selanjutnya diperkuat dan diolah sesuai dengan kebutuhan, pengolahan berikutnya dengan power amplifier dari suara yang berintensitas rendah menjadi lebih keras terakhir diumpan ke speaker. Teknologi yang digunakan salah satunya adalah mikrofon fiber optik. Tidak seperti mic konvensional, yang seringkali besar dan mengirim sinyal listrik, mikrofon serat optik bisa sangat kecil, dan mereka dapat digunakan dalam lingkungan elektrik sensitif. Mereka juga dapat diproduksi tanpa logam, yang membuat mereka sangat berguna dalam magnetic resonance imaging (MRI) aplikasi dan situasi lain di mana gangguan frekuensi radio adalah masalah.

2. Teknologi dari komponen output
 a) Printer digunakan untuk mencetak dokumen dari komputer bisa berupa dokumen gambar maupun tulisan pada media kertas. Salah satu teknologi printer yaitu printer DotMatrix, cara kerja printer dot matrik ini bisa dibilang seperti mesin tik, yaitu bisa juga diaplikasiin untuk mencetak beberapa kertas sekaligus, dengan kertas karbon yang diselipkan di tiap halaman kertas.
Head dari printer ini terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Ketika bekerja, jarum pada printer ini akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas.
Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.

b) Monitor adalah alat keluaran atau output komputer untuk menampilkan gambar pada layar. Monitor terdiri dari beberapa jenis dari mulai bentuk CRT, LCD sampai LED. Kita akan bahas untuk teknologi LED ( Light Emitting Diode ),
menggunakan teknologi dioda sehingga bisa menggantikan neon CCFL yang dipakai di LCD. Lebih terang daripada LCD dan lebih fokus.

c) Speaker adalah alat untuk output suara dari komputer ketika kita mendengar lagu atau menonton film. Teknologi yang ada pada speaker diantaranya adalah USB Player Input, dengan teknologi ini memainkan music tidak harus menggunakan CD tapi cukup menggunakan media penyimpanan flashdisk.

d) Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok, dsb. Proyektor jenis ini merupakan jenis yang lebih modern dan merupakan teknologi yang dikembangkan dari jenis sebelumnya dengan fungsi sama yaitu Overhead Projector (OHP) karena pada OHP datanya masih berupa tulisan pada kertas bening. Proyektor LCD biasanya digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan, tapi juga bisa digunakan sebagai aplikasi home theater. Untuk menampilkan gambar, proyektor LCD mengirim cahaya dari lampu halide logam yang diteruskan ke dalam prisma yang mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video. Proyektor LCD berisi panel cermin yang terpisah satu sama lain. Masing-masing panel terdiri dari dua pelat cermin yang di antara keduanya terdapat liquid crystal. Ketika terdapat perintah atau instruksi, kristal akan membuka untuk membolehkan cahaya lewat atau menutup untuk mem-block cahaya tersebut Membuka dan menutupnya pixel ini yang bisa membentuk gambar.

e) Plotter adalah Peranti keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kwalitas tinggi dan berwarna. Plotter sering kali digunakan untuk membuat peta, gambar-gambar arsitektur ataupun ilustrasi tiga dimensi yang biasanya berukuran terlalu besar bagi printer. Salah satu teknologi pada plotter adalah ploter elektrostatis. Ploter elektrostatis ini kertas diletakkan pada tempat datar seperti meja kemudian keluaran dibuat dengan prinsip kerja seperti pada mesin foto kopi yaitu dengan memberi tegangan listrik pada kertas. Tegangan listrik tersebut yang akan menarik tinta untuk melekat pada kertas. Tinta kemudian dicairkan dengan pemanasan. Kwalitas ploter jenis ni tidak sebagus ploter pena, tetapi kecepatannya lebih tinggi

3. a) Intel Core 2 Duo
Intel Core 2 duo memiliki beberapa teknologi yaitu :
  1. Dual core processing, yang mengkombinasikan dua prosessor Core dalam satu paket dan bekerja dalam frekuensi yang sama
  2. Intel Wide Dynamic Execution, mampu meningkatkan kinerja dan efisiensi. Masing-masing inti bisa menyelesaikan hingga empat instruksi penuh secara bersamaan,382ra.
  3. Intel Smart Memory Access, meningkatkan performa sistem dengan mengoptimalkan penggunaan bandwidth data komputer yang tersedia untuk menyediakan data ke prosesor ketika dibutuhkan
  4. Intel Advance Smart Cache, menyediakan performa gemilang, dengan subsistem cache yang lebih efisien
  5. Intel Intelligent Power Capability, desain yang lebih efisien dalam penggunaan energi dan baterai yang tahan lama
  6. Intel Advanced Digital Media Boost, secara efektif menggandakan kecepatan eksekusi untuk instruksi-instruksi yang banyak digunakan di aplikasi-aplikasi multimedia dan grafis

    b) AMD Athlon 64
Proses manufaktur :130 nanometer (Clawhammer, Newcastle)
 90 nanometer (Winchester, Venice)
Kecepatan bus :1600 MT/s HyperTransport (Clawhammer, Newcastle)
  2000 MT/detik HyperTransport (Winchester, Venice)
Range kecepatan :1800 MHz hingga 2600 MHz
Range Thermal Design Power (TDP) :59 Watt hingga 89 Watt
Set Instruksi :AMD64 (x86-64), MMX, 3DNow!, SSE, SSE2 (semua versi),    SSE3 (Venice)
Fitur tambahan Kontrolir memori terintegrasi di dalam prosesor: 64-bit DDR-SDRAM PC2700 (Clawhammer/Newcastle), 128-bit DDR-SDRAM PC3200 (Winchester/Venice), untuk :mempercepat akses kepada memori (karena memang memori diakses langsung oleh prosesor, tidak melewati chipset).

Cool-n-Quiet (manajemen daya prosesor secara otomatis).
Pipeline :12-stage
Cache Level-1 :128 KB (64 KB Instruction cache + 64 KB Data cache) , 2-way  Set Associative, Write Back, dengan ukuran line 64 byte.
Cache Level-2 :1024 KB (Clawhammer)/512 KB (Newcastle, Winchester, Venice), 128-bit, 16-way Set Associative, Write back, dengan ukuran line 64 byte.
Jumlah transistor :105,9 juta transistor (Clawhammer).
Interkoneksi ke motherboard :Socket 754, Socket 939, Socket M2
Tegangan CPU :1.5 Volt (Clawhammer)/1.400 Volt (Newcastle, Winchester)/1.35 Volt (Venice)  

    c) VIA Nano™ X2 Processor
  • x86-64 instruction set
  • Clock speed of 1 GHz to 2 GHz
  • Bus speed of 533 MHz or 800 MHz (1066 MHz for Nano x2)
  • 32 KB L1 cache and 512 KB L2 cache (64 KB L1 cache and 1 MB L2 cache for Nano x2)
  • 65 nm manufacturing process (40 nm for Nano x2)
  • Superscalar out-of-order instruction execution
  • Support for MMX, SSE, SSE2,SSE3, SSSE3, and SSE4 instruction set
  • Support for x86 virtualization with Intel-compatible implementation (disabled before stepping 3)
  • Support for ECC memory
  • Pin-compatible with VIA C7 and VIA Eden


0 comments

Post a Comment

Tolong jangan segan-segan untuk berkomentar di blog saya. Trimakasih telah berkunjung. Salam Sukses Selalu.