Monday, 12 December 2011

Pengertian PHP dan MySQL

Apa itu php, apa itu mysql.?
PHP merupakan singkatan berulang dari PHP Hypertext Preprocessor, dulu namanya Personal HomePage, pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdof pada tahun 1995 CMIIW. Fungsi yang paling populer dari PHP adalah kemampuannya sebagai server side programming / scripting language dalam pembuatan website, atau aplikasi yang berbasis website. Server side programming / scripting adalah bahasa yang berjalan pada sisi server (dalam hal ini web server) sehingga, komputer kita (client/web browser) tidak mengetahui apa yang terjadi didalam websever. kita(client/web browser) hanya menerima keluaran dari proses yang dihasilkan oleh websever. Terus apa bedanya php dengan html? Bukannya html itu juga digunakan untuk membuat halaman website? nah ini bedanya.
  • html hanya digunakan untuk menampilkan content website didalam browser (IE, Opera, Firefox), karena singkatan dari html itu Hypertext Markup Language,jadi sudah jelas kalau html tidak dapat digunakan untuk menerapkan logika pemrograman seperti I/O, conditional, looping dsb
  • Sedangkan PHP bersemayam didalam sebuah sever / webserver (Apche, IIS, dsb). PHP parser akan mem-parse kan sintaks sintaks dalam bahasa php di dan mengeluarkan outputnya di webserver misal mengeluarkan output berbentuk html. PHP memiliki sifat yang sama dengan bahasa pemrograman pada umumnya seperti C perl dan PASCAL, sehingga kita bisa melakukan berbagai manipulasi logika didalamnya, hanya bedanya, php berada didalam server, sehingga client/orang lain tidak bisa melihat apa yang terjadi dengan program kita, program kita hanya kita yang tahu tiada orang lain.
Nah, jadi sudah jelas, bedanya php dan html. :-D
Kemudian yang ke-dua. Apa itu mySQL? mySQL merupakan salah satu produk RDBMS – Relational Database Management System yang bisa kita nikmati secara gratis. Data yang ingin kita simpan akan diperlakukan RDBMS sebagai tabel-tabel yang saling berhubungan / dapat dihubungkan / maupun berdiri sendiri dalam Database. Database sendiri pada hakikatnya adalah kumpulan dari banyak tabel.
SQL sendiri merupakan singkatan dari Structured Query Language, merupakan bahasa Databse Standar yang digunakan pada saat ini. Dengan Query, kita bisa melakukan operasi pada database. misal, membuat tabel, mengubah tabel, menghapus, memasukan data, membuat relasi tabel (menghubungkan tabel-tabel) dll.
PHP telah terkenal dangan kemudahanya untuk melakukan koneksi / mengakses database, terutama DB MySQL. Maka tidak salah, jika PHP dan MySQL seakan akan seperti pasangan abad ini.
Artikel ini saya dapat dari http://hujanabu.wordpress.com

10 comments

Post a Comment

Tolong jangan segan-segan untuk berkomentar di blog saya. Trimakasih telah berkunjung. Salam Sukses Selalu.